Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Lonsum sepenuhnya menyadari tanggung jawabnya terhadap lingkungan dan masyarakat di mana Perseroan menjalankan usahanya. Perseroan senantiasa mengutamakan integrasi prioritas kemasyarakatan dan lingkungannya ke dalam operasi bisnisnya sehari-hari. Hal ini didasarkan pada kesadaran bahwa keberlanjutan usaha Perseroan sangat tergantung pada terciptanya hubungan yang harmonis dengan seluruh pemangku kepentingan.

Program-program Tanggung Jawab Sosial Lonsum dikembangkan berlandaskan prinsip-prinsip triple-bottom-line, yang mengedepankan keseimbangan antara kinerja keuangan (profit), masyarakat (people) dan lingkungan (planet). Program-program tersebut meliputi empat area utama berikut: pengelolaan lingkungan, praktik ketenagakerjaan, keselamatan dan kesehatan kerja; pengembangan sosial dan kemasyarakatan; dan tanggung jawab produk.

Pengembangan sosial dan kemasyarakatan
Kegiatan pemberdayaan sosial dan kemasyarakatan Lonsum diterjemahkan ke dalam lima pilar berikut:
1. Pembangunan Sumber Daya Manusia
2. Partisipasi Aktif dalam Kegiatan Komunitas
3. Peningkatan Nilai Ekonomi
4. Menjaga Kelestarian Lingkungan, dan
5. Kegiatan Solidaritas Kemanusiaan
 

Pembangunan sumber daya manusia

Perseroan menyadari bahwa bidang pendidikan merupakan faktor kunci dalam membangun SDM. Di bidang tersebut, Lonsum terus memberikan bantuan ke masyarakat sekitar area perkebunan.Setiap tahun, Perseroan melalui Lonsum Peduli menawarkan beasiswa bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu yang tinggal di sekitar area perkebunan Lonsum. Melalui program bantuan tersebut, Lonsum berupaya membantu anak-anak tersebut untuk meraih potensinya.

Guna membantu peningkatan proses belajar, secara rutin Lonsum menyelenggarakan program pengembangan kurikulum, serta sesi-sesi seminar dan pelatihan yang diikuti oleh para guru dari sekolah-sekolah di sekitar area perkebunan. Perseroan juga membantu merekrut guru-guru bantu untuk berkarya di sekolah-sekolah yang membutuhkan tenaga guru, serta terus memberikan bantuan honorarium untuk tenaga guru honorer di sekitar area perkebunan.

Di tahun 2014, Lonsum turut berpartisipasi dalam pembangunan tiga unit sekolah di Sulawesi Selatan, dua unit di Sumatera Selatan dan satu unit di Kalimantan Timur. Perseroan juga memberikan dukungan pada perbaikan berbagai fasilitas belajar serta memberikan bantuan peralatan pendidikan dalam bentuk peralatan musik marching band dan peralatan olahraga.

Bekerjasama dengan IHF (Indonesia Heritage Foundation) Jakarta, pada tahun 2014 Peseroan menyelenggarakan program Pelatihan Guru Karakter tingkat Guru SD di Depok Jawa Barat. Sebanyak 42 guru SD yang berasal dari sekolah yang berada di delapan lokasi perkebunan Lonsum di Sumatera Selatan ikut dalam pelatihan tersebut. Program ini bertujuan untuk memperkenalkan cara membangun anak berkarakter serta penerapan pendekatan pendidikan holistik berbasis karakter.

Di tahun 2014 Lonsum bekerjasama dengan IndoAgri Sehati menyelenggarakan pelatihan Master Of Trainee (MOT program) bagi para bidan, perawat dan kader yang bertugas di klinik dan posyandu di sekitar area perkebunan Lonsum. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para peserta dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Partisipasi aktif dalam kegiatan komunitas

Melalui berbagai program kegiatan, Lonsum berupaya memberikan kontribusi positif bagi masyarakat di sekitar kegiatan usahanya.

Beberapa program yang dilaksanakan di tahun 2014 meliputi:

Pembangunan fasilitas air bersih dan perbaikan jalan di Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan       Sulawesi Selatan.

Dukungan bagi kegiatan olahraga dan kepemudaan, sebagai sponsor kompetisi olahraga serta pembangunan sarana olahraga bagi komunitas setempat.

Pembangunan dan rehabilitasi rumah ibadah, serta pemberian bantuan untuk pesantren dan sumbangan rutin bagi anak-anak yatim piatu.

Dukungan pada kegiatan keagamaan seperti MTQ,  yang diselenggarakan di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Lahat, Kabupaten Muratara, dan Kabupaten Muba di Sumatera Selatan.

Peningkatan nilai ekonomi

Lonsum aktif terlibat dalam berbagai program kemitraan untuk mendorong pengembangan ekonomi berkelanjutan dari para petani plasma, pemasok kecil, petani dan mitra-mitra usaha lainnya.

Beberapa program yang dilaksanakan di tahun 2014 antara lain adalah:

Program pelatihan keterampilan menganyam lidi sawit menjadi produk berkualitas bagi masyarakat di sekitar perkebunan Lonsum di Sumatera Utara dan Sumatera Selatan, yang diadakan di Rambong Sialang Training Center, Sumatera Utara.

Berbagai pelatihan keterampilan yang dikelola Sentra Kriya Rumah Pintar, seperti pelatihan menjahit, merangkai bunga, bercocok tanam dan lain sebagainya.

Program pengembangan teknologi  pengolahan makanan dan pengembangan usaha pakaian melalui Sentra Kriya Rumah Pintar Perkebunan Dolok bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Koperasi Kabupaten Batu Bara di Sumatera Utara.

Program pengembangan usaha mitra binaan bagi  masyarakat sekitar perkebunan Pulo Rambong bersama Bogasari Baking Center melakukan kegiatan studi banding ke pabrik donat di Sumatera Utara.

 

Menjaga kelestarian lingkungan

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan, kegiatan pemeliharaan kelestarian lingkungan merupakan kegiatan yang penting bagi keberlangsungan usaha Perseroan.

Kegiatan solidaritas kemanusiaan

Di tahun 2014, Lonsum bersama Indofood Group bekerjasama dengan TNI AD menyelenggarakan pelayanan kesehatan gratis, operasi katarak, pengobatan umum, pemeriksaan kesehatan ibu hamil dan balita serta sunatan massal untuk sekitar 2.450 anggota masyarakat di Kabupaten Musi Banyuasin dan Muratara, Sumatera Selatan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Lonsum juga menyelenggarakan aksi sosial donor darah di berbagai wilayah operasional Perseroan, yang berhasil mengumpulkan lebih dari 1.200 kantong darah di tahun 2014. Untuk pencapaian tersebut, kantor cabang Lonsum di kota Samarinda berhasil memperoleh penghargaan sebagai Perusahaan Pendonor Terbanyak dan Konsisten Pelaksaannya dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Tanggung Jawab Produk

Keberlanjutan usaha Lonsum sangat tergantung kepada keberhasilan Perseroan dalam menjamin kualitas dan keamanan produk yang dihasilkan. Area perkebunan dan pabrik-pabrik Lonsum mengadopsi standar keamanan produk yang teruji diseluruh proses produksinya. Hal ini dilaksanakan untuk memastikan penggunaan bahan kimia dengan jenis, frekuensi penggunaan dan dosis pemakaian yang aman untuk perlindungan konsumen. Sebagai hasilnya, hingga akhir tahun 2014, Perseroan belum pernah harus menghadapi sanksi hukum akibat ketidakamanan dan ketidaklayakan produk-produknya.

Produk-produk perkebunan Lonsum merupakan produk antara sehingga harus melalui pengolahan lebih lanjut agar bisa dikonsumsi manusia. Sesuai dengan karakteristik produknya sebagai produk antara, Lonsum tidak secara khusus melakukan kegiatan komunikasi pemasaran. Meski demikian, Perseroan tetap menyajikan informasi terkait produk yang dihasilkan, berdasarkan pada kualitas, karakteristik, merek (brand) dan harga yang wajar (fair value).

Sebagai bagian dari komitmennya dalam menjalankan praktik persaingan usaha yang sehat, Perseroan tidak pernah menyebarluaskan berita negatif tentang para pesaingnya.