Trichoderma virens (SBJ 8)
24/08/16 11:25
 

Bio Fungisida berbahan aktif Trechoderma virens (SBJ 8)

Busuk pangkal batang kelapa sawit (Basal stem rot / BSR) yang disebabkan oleh jamur Ganoderma boninense merupakan penyakit utama di Asia Tenggara. Berbagai jenis metode pengendalian telah dilakukan. Sumatra Bioscience merekomendasikan pencegahan dengan melakukan systi replanting menggunakan piberaan lahan selama 1 tahun dan pencacahan batang kelapa sawit yang signifikan dapat mengurangi insiden kelapa sawit pada tanaman generasi selanjutnya (Virdiana et.al, 2011).

Seleksi agen hayati untuk mengendalikan Ganoderma telah dilakukan oleh Sumatra Bioscience (SumBio). Trichoderma SBJ 8 yang berasal dari tanaman kelapa sawit di kebun LONSUM Sumatra Utara telah diuji di laboratorium, nursery dan lapangan. Hasilnya menunjukkan bahwa isolate tersebut teruji mampu mengendalikan penyakit Ganoderma.

Isolat Trichoderma SBJ8 telah teruji miiliki laju pertumbuhan yang sangat bagus dan sangat agresif pada pengujian menggunakan gelas kaca dan nursery.

HASIL PERCOBAAN

Pada tahap pembibitan: Trichoderma SBJ 8 melawan Ganoderma pada bibit kelapa sawit dengan perlakuan:

A.     Bibit kelapa sawit yang telah diinokulasi Ganoderma ditanam di atas balok yang sebelumnya telah diaplikasikan 200 gram Trichoderma SBJ 8 pada bagian atas balok.

B.  Bibit kelapa sawit yang telah diinokulasi Ganoderma ditanam pada media campuran tanah dan 200 gram Trichoderm SBJ 8.

C.     Kontrol (bibit kelapa sawit yang telah diiinokulasi Ganoderma dan tidak diberi perlakuan Trichoderma).

(a)Biji terinfeksi oleh Ganoderma dalam control (tanpa perlakuan) setelah 12 minggu observasi pengamatan. (b) Akar primer dari bibit terinfeksi kontak langsung dengan sumber Ganoderma, (c) isolate Ganoderma pada balok kayu pada gelas kaca dikolonisasi oleh Trichoderma pada 2 minggu setelah inokulasi (d) isolate Ganoderma pada balok kayu tidak terlihat tumbuh pada 4 minggu setelah pengamatan.

Percobaan di lapangan: aplikasi Trichoderma dilakukan di lubang tanaman (sebelum penanaman bibit) dan dibandingkan dengan control (penanaman bibit kelapa sawit tanpa aplikasi Trichoderma SBJ 8).

Harga : Rp. 18.500/kg