"Keberlanjutan merupakan jantung bisnis kami. Lonsum terus memacu diri untuk menjadi pemimpin dunia yang diakui dalam gerakan menuju keberlanjutan sejati dalam industri perkebunan kelapa sawit dan karet"

 

Asal usul PT Perusahaan Perkebunan London Sumatra Indonesia Tbk dimulai lebih dari satu abad lalu pada 1906 dengan inisiatif dari Harrisons & Crossfield Plc yang berbasis di London, sebagai perusahaan perdagangan umum dan perusahaan jasa manajemen perkebunan. Perkebunan London-Sumatra, yang kemudian dikenal sebagai “Lonsum”, berkembang dari waktu ke waktu menjadi salah satu perusahaan perkebunan terkemuka di dunia, dengan hampir 100.000 hektar perkebunan kelapa sawit, karet, teh dan kakao tersebar di empat pulau terbesar di Indonesia.

Setelah melakukan diversifikasi ke karet, teh dan kakao pada tahun-tahun awalnya, Lonsum berkonsentrasi pada karet selama tahun-tahun pembentukan Indonesia sebagai negara merdeka, dan memulai produksi kelapa sawit pada 1980-an. Pada akhir dekade berikutnya, kelapa sawit telah menggantikan karet sebagai komoditas utama Perusahaan.

38 kebun inti Lonsum (milik Perusahaan) dan 14 kebun plasma (petani kecil), yang saat ini beroperasi di Sumatra, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi, memanfaatkan penelitian dan pengembangan lanjutan serta keahlian agro-manajemen dan keahlian tinggi serta keterampilan tenaga kerja yang berpengalaman. Ruang lingkup bisnis telah diperluas untuk mencakup pemuliaan tanaman, penanaman, panen, penggilingan, pemrosesan dan penjualan produk kelapa sawit, karet, kakao dan teh. Perusahaan sekarang memiliki 20 pabrik yang beroperasi di Sumatera, Jawa dan Sulawesi. Lonsum dikenal di industri untuk kualitas kelapa sawit dan biji kakao, dan bisnis teknologi tinggi ini sekarang menjadi pendorong pertumbuhan utama bagi Perusahaan.

Pada tahun 1994, Harrisons & Crossfield menjual seluruh kepemilikannya di Lonsum kepada PT Pan London Sumatra Plantation (PPLS), yang menjadikan Lonsum publik dengan mencatatkan sahamnya di bursa efek Jakarta dan Surabaya pada tahun 1996. Pada Oktober 2007, Indofood Agri Resources Ltd, yang merupakan anak perusahaan di bidang perkebunan PT Indofood Sukses Makmur Tbk, menjadi pemegang saham mayoritas Perusahaan melalui anak perusahaannya di Indonesia, PT Salim Ivomas Pratama.