Pada 2013, 11 gugus tugas dibentuk untuk menggerakkan enam program inti yang menekankan Kerangka Keberlanjutan kami. Program-program tersebut menjangkau seluruh rantai nilai di belakang produk pertanian dan minyak nabati kami.

Program 1: Pertumbuhan yang Bertanggung Jawab


Program Pertumbuhan yang Tanggung Jawab kami menetapkan kerangka kebijakan untuk standar tinggi tata kelola perusahaan dan integritas profesional. Semua interaksi bisnis kami harus dilakukan dengan cara yang etis, jujur, dan bertanggung jawab, sesuai dengan hukum, peraturan, dan regulasi yang berlaku. Dewan Direksi mengevaluasi seberapa baik kami mengelola tata kelola dan integritas berdasarkan Pedoman Perilaku kami.


Program ini juga mendukung program Pertanian dan Produk Berkelanjutan dengan memelihara kapasitas dan kompetensi karyawan dan petani plasma kami dan mendorong keterlibatan pemangku kepentingan. Bekerja sama dengan departemen Kebijakan dan Manajemen Risiko Perusahaan, kami menyediakan kerangka kerja kebijakan untuk pengambilan keputusan dan praktik-praktik yang baik, dan menguraikan proses-proses untuk meningkatkan manajemen risiko, kepemimpinan, dan tata kelola perusahaan.


Program 2: Pertanian dan Produk Berkelanjutan


Program Pertanian dan Produksi Berkelanjutan kami mendorong adopsi praktik-praktik berkelanjutan dalam budidaya tanaman dan pengoperasian kilang dan pabrik. Ini akan dilakukan melalui audit perkebunan, pabrik dan kilang terhadap standar keberlanjutan masing-masing untuk berbagai tanaman pertanian dan produk kami.


Program 3: Produk yang Aman dan Terlacak


Program Produk Aman dan Terlacak kami dan proses penjaminan kualitas pendukung bertujuan untuk memastikan bahwa semua produk kami aman untuk dikonsumsi manusia. Kami mencapai hal ini dengan mematuhi standar dan sertifikasi keamanan pangan lokal dan internasional, dan menetapkan tingkat komitmen keamanan pangan yang sama dari pemasok kami melalui Kebijakan Minyak Sawit Berkelanjutan dan Pedoman Pemasok yang Bertanggung Jawab.


Produk kami diperkaya dengan mineral dan vitamin seperti yang disyaratkan oleh undang-undang. Nilai gizi ditingkatkan untuk produk-produk tertentu sebagai manfaat kesehatan tambahan bagi pelanggan, dan untuk diferensiasi produk.

Ketertelusuran

Menelusuri asal-usul CPO, bahan baku utama yang digunakan dalam penyulingan minyak nabati kami adalah prioritas penting. Hari ini, kami dapat melacak semua TBS yang tiba di pabrik kelapa sawit kami hingga ke nukleus dan mengelola perkebunan plasma dan ladang di mana ia ditanam.


Setiap produk konsumen yang meninggalkan kilang kami memiliki nomor batch, yang dapat ditelusuri kembali ke jalur produksi, tempat pembuatan, sumber CPO dan kapan diproduksi.


Kami akan terus fokus dan meningkatkan keterlacakan produk kami di seluruh rantai pasokan, tidak hanya untuk CPO, tetapi juga untuk semua bahan baku utama lainnya.


Program 4: Petani kecil


Lonsum sepenuhnya mendukung Skema Nukleus-Plasma yang dibuat oleh pemerintah Indonesia untuk perusahaan perkebunan (inti) untuk mengembangkan plot kelapa sawit di dekat perkebunan mereka untuk petani kecil (plasma). Sekitar 40% petani plasma plasma kami dikelola secara independen, sisanya dikelola oleh Lonsum.


Program Petani Kecil kami mencakup upaya kami dengan petani plasma dan petani plasma, dan mendukung skema Nucleus-Plasma melalui pengembangan rantai pasokan inklusif. Kami telah memperluas upaya keberlanjutan kami di luar operasi perkebunan inti kami untuk menyertakan petani kecil kami.


Pemerintah Indonesia berencana untuk membuat ISPO wajib untuk petani kecil; kami bertujuan untuk mendukung dan membantu petani kecil kami mencapai sertifikasi ISPO begitu diamanatkan. Pada tahun 2018, kami membantu satu KUD (koperasi) di Sumatra Selatan untuk mencapai sertifikasi ISPO. KUD petani kecil ini telah berhasil menjalani audit ISPO.


Program ini juga menetapkan pedoman praktis tentang membangun hubungan baik dan terlibat dengan komunitas lokal kami. Untuk mengatasi konflik yang berkaitan dengan hak atas tanah dan memupuk hubungan sosial yang kuat, kami secara aktif terlibat dengan pemilik tanah dan pemimpin masyarakat setempat. Manfaatnya bermacam-macam, termasuk mitigasi pencurian, protes, penghalang jalan dan gangguan bisnis lainnya.


Program 5: Pekerjaan dan Kehidupan Estate


Kami bertujuan untuk menyediakan lingkungan hidup yang aman dan sehat untuk semua karyawan dan pekerja lepas yang tinggal di perkebunan kami. Kami bekerja sama dengan pemerintah dan rumah sakit setempat untuk memberikan dukungan medis, fasilitas, dan infrastruktur penting bagi orang-orang yang tinggal di semua perkebunan kami.


Saat ini, fasilitas dasar seperti akomodasi, sanitasi yang layak, pasokan air bersih, pengumpulan sampah, dan listrik disediakan di semua perkebunan kami. Kami juga mengembangkan fasilitas umum untuk karyawan dan keluarga mereka sebagai berikut


  • Klinik dan pos kesehatan terpadu
  • Fasilitas rekreasi dan ibadah
  • Sekolah untuk anak-anak karyawan
  • Jalan servis menghubungkan ke jalan utama
  • Plot yang ditunjuk di perkebunan untuk karyawan menanam sayuran dan buah-buahan mereka sendiri.


Program 6: Solidaritas


Kami telah memulai banyak kegiatan pengembangan masyarakat melalui Program Solidaritas kami, yang berupaya meningkatkan kualitas kehidupan di perkebunan melalui pengembangan kapasitas, pendidikan, dan dukungan finansial.


Untuk menyesuaikan program komunitas kami dengan kebutuhan masing-masing komunitas dan perkebunan, kami telah mulai melakukan penilaian Dampak Sosial melalui pihak eksternal di setiap perkebunan dan pabrik kami. Kami mempertimbangkan faktor-faktor seperti latar belakang budaya, tingkat melek huruf, kondisi kehidupan dan situasi ekonomi masyarakat setempat sebelum menyesuaikan program yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan.


Selama bertahun-tahun, kami telah memberikan dukungan kepada komunitas lokal kami di bidang berikut:

  • Pembangunan infrastruktur
  • Bantuan bencana
  • Pelestarian budaya, termasuk kegiatan keagamaan
  • Acara olah raga
  • Program pemberdayaan, termasuk pelatihan dan dukungan keuangan untuk pengusaha lokal
  • Pendidikan, termasuk beasiswa untuk anak-anak karyawan, insentif untuk guru dan renovasi fasilitas sekolah
  • Inisiatif pelestarian lingkungan di luar perkebunan


Kami memiliki program unggulan, IndoAgri Sehati, yang terdiri dari beberapa inisiatif yang telah dilaksanakan di tingkat grup, antara lain:


a. Program kesehatan masyarakat


Kami telah mengembangkan program bersalin untuk meningkatkan kesehatan ibu dan bayi dengan meningkatkan efektivitas posyandu. Kami memberi ibu hamil pemeriksaan kehamilan gratis, imunisasi, vitamin dan mineral esensial, dan perhatian ginekologis lainnya di pos kesehatan terpadu perkebunan, yang dikenal secara lokal sebagai posyandu.


Lonsum juga berkontribusi pada infrastruktur kesehatan masyarakat dengan membangun klinik medis dan unit perawatan darurat untuk masyarakat setempat.


b. Operasi Katarak


Di Indonesia, katarak adalah penyakit umum yang mempengaruhi visi lebih dari dua juta orang di semua kelompok umur. Untuk meringankan gangguan penglihatan bagi masyarakat setempat, kami bekerja dengan dokter dari Angkatan Darat Indonesia untuk melakukan operasi katarak di tempat bagi penduduk setempat yang tinggal di sekitar perkebunan kami. Sejak 2014, 1.035 pasien di Kalimantan, Sumatra dan Sulawesi memiliki visi mereka berhasil dipulihkan di bawah program ini.


c. Operasi Bibir Sumbing


Bibir sumbing adalah kondisi medis umum yang menyerang banyak anak di Indonesia. Banyak keluarga terlalu miskin untuk membayar operasi sederhana yang dapat mengubah kehidupan anak-anak mereka. Karena anak-anak kita adalah masa depan Indonesia, SIMP Group telah memutuskan untuk mensponsori sepenuhnya operasi bibir sumbing untuk setidaknya 1.000 anak di Indonesia. Hingga 2015, kami telah mensponsori 32 operasi untuk 30 anak di bawah program bibir sumbing.